Kebanyakan Orang Indonesia Itu Aneh (Realita)

     
Menurut KBBI, empati berarti keadaan mental yg membuat seseorang merasa atau mengidentifikasi dirinya dl keadaan perasaan atau pikiran yg sama dengan orang atau kelompok lain. Secara sederhana, dengan mempunyai empati seseorang bisa mengerti keadaan orang lain dan tidak melakukan tindakan bodoh yang membuat perasaan orang lain tersakiti. Lebih sederhana lagi, empati itu diciptain biar manusia gak seenaknya hidup dalam masyarakat.

Sayangnya empati tampaknya masih jadi sesuatu yang aneh bagi sebagian orang Indonesia. Entah karena gak pernah ikut pelajaran Kewarganegaraan atau malah gak ngerti caranya berkehidupan sosial. Kalau udah kayak gini ya gimana mau maju.

1. Kalo Kebakaran Bukannya Nolongin Malah Ngerubungin

Ini perilaku Indon banget. Entah karena memang kurang hiburan atau demen aja sama yang beginian. Kebakaran yang sering terjadi di pemukiman padat cukup berbahaya karena bisa menjalar dengan cepat. Cara terbaik untuk memadamkannya? Tentu dengan memanggil pemadam kebakaran.

Menurut petugas di tempat kejadian  orang Indonesia  suka ngerubungin lokasi kebakaran malah bikin mobil pemadam kebakaran dateng terlambat. Jalannya kecil, orang malah rame-rame gak jelas. Alhasil mobilnya pun telat.

Jika saja orang-orang ini punya empati pasti mereka akan merasakan kalau kehadiran mereka untuk nontonin doang itu sama sekali gak berperikemanusiaan.

2. Korban Bencana Malah Dikuisin


Gimana ya cara berpikir orang-orang yang mengkomersialisasi bencana dan jadiin bahan buat kreatif? Kayak media yang jelas-jelas gak peduli dengan sensitifnya berita hilangnya warga Indonesia di Nepal ini.

Apa gak ada cara lain ya untuk bikin kuis? Kalau tujuannya adalah meningkatkan kesadaran orang justru sebaiknya dibikin pengumuman aja, gak perlu dijadiin kuis. Suram banget.


3. Bencana Dijadikan Meme



Kayaknya udah tahu lah ya kelakuan media gimana ketika bencana terjadi. Ekspos terus. Biar rating meningkat. Bencana bener-bener dibuat kayak telenovela. Ada kesedihan di dalamnya yang bisa dijual abis-abisan.

Padahal harusnya media cukup menginformasikan saja dan gak perlu melakukan hal-hal yang gak perlu, seperti mendramatisir. Jelas sekali bahwa empati dipinggirkan dan materi diutamakan. Maka dari itu, sampahlah yang ditelan masyarakat Indonesia selama ini. Jangan heran kalau Gojek pun diharamkan.

4. Berkomentar Nyelekit Di Media Sosial Yang Intinya Cuma Mau Nyari Sensasi



Di setiap kericuhan pasti ada satu provokator yang kerjaannya cuma nyari sensasi. Orang-orang kayak gini jelas banget gak punya rasa empati. Berasa dunia ini punya dia sendiri kali ya. Jadi sebebasnya aja ngomong. Mungkin aja karena punya pendidikan rendah, bisa juga pengen terkenal dengan cepat.
5. Pamer Ke Media Sosial Setelah Membantai Binatang Yang Harusnya Dilindungi                                                              

Ada beberapa hal yang boleh bangga dipamerkan di media sosial. Prestasi, misalnya. Jika berbagi hal positif macam itu orang pun akan senang pada kamu. Prestasi membunuh hewan jelas bukan sesuatu yang patut dibanggakan. Seperti yang baru-baru ini terjadi, dimana seorang pria dengan bangganya membunuh bekantan. Tak punya malu dan merasa hebat.

6. Berfoto Di Depan Tempat Kejadian Perkara


 
Paling gres nih. Foto-foto di depan tempat kejadian perkara. Apa faedahnya coba? Gak ngerti sama sekali.

Semoga kamu gak pernah melakukan hal-hal aneh kayak di atas ya. Hargailah perasaan orang lain dan jangan jadi asshole meskipun kamu punya kesempatan. Kalau kamu memang sebrengsek itu dan udah gak bisa diperbaiki lagi, setidaknya jangan pamer ke orang banyak. Simpan saja buatmu sendiri.
Previous
Next Post »