TUTORIAL INSTALASI JAVA SE DEVELOPMENT KIT (JDK) DI WINDOWS

TUTORIAL INSTALASI
JAVA SE DEVELOPMENT KIT (JDK) DI WINDOWS

Java JDK diperlukan jika anda hendak bermain-main dengan bahasa pemrograman Java.  Berikut ini saya lampirkan langkah-langkah instalasi Java JDK  pada PC di sistem operasi di sertai screenshot perlangkah agar mudah anda mengikutinya.
  1. .Download Java JDK versi terbaru di situs http://java.sun.com/javase/downloads/index.jsp dan sesuaikan dengan sistem operasi anda (misal : 32 bit atau 64 bit)
  2. Klik dua kali pada program Java JDK yang tadi di download
  3. .Klik next jika tampilan sudah seperti gambar dibawah ini.
  4. Pada tahap ini klik next lagi karena pada tahap ini anda disuruh menginstal aplikasi ini pada drive mana dan aplikasi java apa saja yang ingin diinstal. Saya sarankan anda klik next saja.


 
5. Pada tahap selanjutnya anda akan melihat proses instalasi Java JDK yang sedang berjalan dan melihat status instalasi . Tunggu hingga proses ini selesai
6. Proses Selanjutnya adalah  instalasi Java

7. Setalah selesai maka akan ada pemberitahuan bahwa JAVA SE Development KIT Successfully Instaled. Klik tombol Close untuk menyelesaikan.


Sampai disini proses install java di windows telah berhasil, namun masih ada langkah yang harus anda lakukan, yakni mengatur path java agar dapat berlajan pada laptop atau komputer anda. Setelah install java selesai , jalankan Command Promt(CMD) windows untuk melakukan pengecekan apakah program java telah berjalan di windows kamu. Caranya : Buka CMD (Command Prompt) atau Logo Windows  + R di keyboard lalu ketikan javac seperti dibawah ini 

jika hasilnya seperti gambar diatas  ini, yang menampilkan pesan kesalahan "javac' is not recognized as an internal or external command, operable program or batch file" itu artinya status java pada windows kamu masih belum diketahui, Anda harus mengatur path agar java dapat di identifikasi dengan benar. Lanjut ke langkah berikutnya. 
a.  Untuk mengatur path java JDK , Klik start -> Klik kanan pada My Komputer -> Pilih Properties

b. Pilih Advance system setting

 c.  Klik pada Environment Variables

d. Selanjutnya, jendela lain akan terbuka dengan banyak kalimat dan huruf yang membingungkan. Klik dua kali pada variable Path pada salah satu kotak pilihan.


e.  Setelah variabel dibuka, kotak teks di jendela lain akan muncul, tambahkan text  C:\Program Files\Java\jdk1.8.0\bin; dan klik ok -> ok -> appply



f.  Buka command prompt lagi, untuk melihat apakah itu perintah "javac" telah bekerja pada windows kamu. dan jika hasilnya seperti gambar dibawah ini berarti java telah bekerja di laptop kamu.

Selamat! Anda telah mengambil langkah pertama Anda untuk memulai pemrograman Java. Semoga tutorial  ini bisa bermanfaat untuk Anda yang masih bingung bagaimana agar java bisa berjalan pada komputer windows kamu. Jika ada pertanyaan bisa tanyakan di kollom komentar. Jika kalian membutuhkan yang sudah diatur rapi kalian bisa download dibawah.
Link : Download
Previous
Next Post »